Pemasaran media sosial adalah saluran yang paling efektif untuk kursus online
Marina Kliushina
Indonesia Project Manager
| Marina Kliushina Indonesia Project Manager |
In the article
Pemasaran media sosial adalah saluran yang paling efektif untuk kursus online
Langkah-langkah menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial
Gunakan visual sebagai media komunikasi pemasaran media sosial
Gunakan hashtag untuk meningkatkan visibilitas di media sosial
Strategi pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara untuk mempromosikan kursus online Anda di GetCourse kepada audiens yang lebih luas. Strategi ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk memperkenalkan kursus online Anda kepada calon siswa dan meningkatkan pendaftaran.
Dengan hampir 5 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia dan total pengeluaran iklan media sosial yang diperkirakan mencapai $268 miliar pada tahun 2023, media sosial merupakan salah satu saluran pemasaran yang paling efektif untuk bisnis Anda saat ini. Sehingga, Anda tidak mungkin mengabaikan penggunaan media sosial. Mari kita bahas beberapa tips untuk menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial!
Langkah-langkah menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial
Kenali target pasar Anda
Pertama-tama, untuk menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial, Anda harus mengidentifikasi audiens Anda dan menganalisis calon klien Anda. Orang-orang ini memiliki karakteristik demografis dan psikografis yang sama, misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, minat, tantangan, dan tujuan.
Anda harus menentukan siapa audiens target Anda. Misalnya, dari rentang usia berapa sampai dengan berapa. Lalu, pahami tujuan apa yang ingin mereka capai? Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens Anda, Anda dapat mulai membuat strategi media sosial Anda sendiri untuk mencapai mereka secara efektif dan memberikan apa yang mereka inginkan. Untuk mengetahuinya, teliti Google Analytics, Facebook, coba berbagai jenis konten, dan perhatikan reaksi pengguna.
Optimasi konten media sosial
Jangan lupa bahwa media sosial adalah sebuah platform membagikan konten. Tanpa rencana konten, strategi pemasaran Anda kemungkinan besar tidak akan efektif. Buatlah kalender konten atau rencana media di mana Anda dapat menggambarkan semua ide dan jangka waktu yang menggambarkan topik yang akan Anda bahas, jenis posting yang akan Anda buat, dan platform media sosial yang akan Anda gunakan. Dan tentu saja, konten Anda harus mudah dibaca, informatif, dan relevan dengan audiens Anda.
Sebelum Anda mulai membuat konten, Anda perlu memilih kategori yang akan Anda posting. Rencanakan jumlah topik yang Anda ingin bagikan dan apa topiknya tergantung pada kursus online Anda.
Jangan lupa bahwa Anda perlu bereksperimen dengan seberapa sering Anda melakukan posting setiap minggu, berapa banyak posting per hari, dan waktu dalam sehari. Selain itu, algoritma media sosial berubah dengan sangat cepat, sehingga strategi yang Anda buat hari ini mungkin tidak berlaku dalam 3 bulan.
Gunakan visual sebagai media komunikasi pemasaran media sosial
Buatlah desain visual yang menarik agar dapat menarik perhatian. Visual adalah alat yang kuat untuk mempromosikan dan menciptakan branding Anda di media sosial. Visual yang baik memberikan representasi dari apa yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain.
Buatlah ide visual Anda dan kemudian buatlah sendiri atau berikan brief kepada desainer Anda. Anda juga dapat mengobservasi dan menganalisis visual dari kompetitor Anda untuk memahami apa yang mungkin perlu Anda perbaiki.
Gunakan hashtag untuk meningkatkan visibilitas di media sosial
Hashtag atau tanda pagar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas posting media sosial Anda. Gunakan tanda pagar yang relevan dan populer di kalangan audiens target Anda. Ini akan membantu posting Anda muncul dalam hasil pencarian dan mencapai audiens yang lebih luas. Studi oleh SproutSocial menemukan bahwa posting Instagram dengan setidaknya satu tanda pagar menerima 29% interaksi lebih banyak daripada yang tanpa tanda pagar. Dan sementara posting dengan 11+ tanda pagar memiliki interaksi tertinggi dengan 79%, tetapi hati-hati dengan jumlah tanda pagar karena terkadang ia dapat dianggap sebagai spam.
Menggunakan tanda pagar adalah cara yang bagus untuk mengelompokkan percakapan atau konten seputar topik tertentu, sehingga memudahkan orang menemukan konten yang menarik bagi mereka. Tanda pagar dapat meningkatkan kesadaran merek Anda, meningkatkan keterlibatan media sosial melalui suka, berbagi, komentar, dan pengikut baru serta prospek potensial.
Gunakan iklan berbayar
Langkah terakhir dari menjalankan strategi pemasaran melalui media sosial adalah menjalankan iklan berbayar. Anda dapat menarik siswa baru dengan menjalankan kampanye berbayar di platform seperti Facebook dan Instagram. Platform ini menawarkan pilihan penargetan yang canggih sehingga memungkinkan Anda mencapai audiens tertentu yang Anda butuhkan. Cobalah berbagai format iklan dan pilihan penargetan untuk melihat apa yang terbaik untuk kursus online Anda. Iklan di media sosial sangat efektif biaya dan membantu membangun kesadaran merek. Hanya untuk diingat: iklan media sosial adalah pasar iklan digital terbesar kedua! Banyak ruang untuk menunjukkan kreativitas Anda dan mempromosikan produk Anda!
Keunggulan strategi pemasaran melalui media sosial
Percakapan dua arah
Keunggulan pemasaran media sosial adalah ia memfasilitasi interaksi dua arah. Oleh karena itu, platform ini sangat cocok untuk membangun interaksi dengan calon siswa. Tingkatkan engagement di media sosial dengan merespons komentar dan pesan, serta berinisiatif dalam memulai percakapan. Tunjukkan produk Anda dari sudut pandang yang berbeda, berikan tips yang membantu dan wawasan pribadi Anda dari niche yang Anda kerjakan. Hal ini akan membantu Anda membangun hubungan dengan calon siswa dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand Anda.
Dengan membangun branf Anda di media sosial, Anda dapat menciptakan rasa komunitas dalam lingkungan pembelajaran online, yang membantu siswa merasa terhubung dengan rekan-rekan mereka dan brand itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui grup media sosial dan aktivitas di media sosial Anda.
Kesimpulan
Sebagai kesimpulan, pemasaran media sosial adalah strategi yang tepat untuk mempromosikan kursus online, terutama jika Anda menganalisis data dan traffic-nya. Kami di GetCourse memberikan kesempatan untuk memeriksa semua statistik dan sumber traffic sehingga Anda dapat memahami di mana Anda dapat meningkatkan kinerja Anda untuk mendapatkan lebih banyak siswa dan mencapai tujuan kampanye Anda.
Dengan meningkatnya popularitas pembelajaran online, menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial menjadi semakin penting. Sekarang pendidik dapat mencapai audiens yang lebih luas, membangun brand mereka, dan mengarahkan lalu lintas ke kursus mereka. Platform media sosial menawarkan berbagai fitur seperti iklan berbayar, pemasaran influencer, dan promosi organik yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan audiens dan menghasilkan prospek.
Namun, penting untuk memahami audiens dan membuat strategi komprehensif sebelum terjun ke pemasaran media sosial. Dengan mengikuti tren media sosial terkini dan terus menyempurnakan pendekatan mereka, pendidik dapat menggunakan media sosial secara maksimal dan mencapai kesuksesan dalam promosi.