Implementasi Penggunaan LMS untuk Bisnis Digital
Andrei Kuzniatsou
Indonesia Marketing Advisor
| Andrei Kuzniatsou Indonesia Marketing Advisor |
Sudah tahu dong bahwa LMS atau learning management system menjadi salah satu sistem yang populer saat ini digunakan dalam bisnis digital? Tidak hanya memberikan keuntungan yaitu memudahkan pengenalan produk dari bisnis kepada konsumen, tetapi LMS juga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih nyaman walaupun dilakukan jarak jauh.
Tertarik menggunakan LMS untuk bantu bisnis digital yang Anda tekuni? Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana implementasi penggunaan LMS untuk bisnis digital. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis ya!
Cara Pilih LMS yang Tepat untuk Bisnis Anda
Memilih LMS yang tepat untuk bisnis Anda tentu memiliki proses. Memilih LMS yang sesuai juga perlu melewati beberapa pertimbangan. Sebelum memilih LMS untuk digunakan dalam bisnis digital, Anda bisa melakukan pertimbangan berdasarkan tiga hal di bawah ini:
Memahami Kebutuhan Bisnis Anda
Sebelum memilih, pahami dulu konsep bisnis digital yang Anda tekuni khususnya apabila fokus kepada bisnis kursus online. Identifikasi terlebih dahulu seperti apa LMS yang sesuai dengan bisnis Anda dan juga kursus yang dijalankan. Anda perlu tahu fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan dalam LMS yang Anda perlukan untuk optimisasi bisnis kursus online Anda.
Melihat Opsi yang Tersedia
Anda tidak perlu langsung memutuskan untuk menggunakan satu LMS dari brand mana pun. Sebelum memutuskan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap beberapa LMS yang mungkin cocok dengan bisnis kursus online Anda. Pilihlah LMS yang sesuai dengan kebutuhan dan juga tentunya budget yang Anda miliki.
Mencoba Tools Trial
Nah untuk mendapatkan experience penggunaan LMS, Anda bisa manfaatkan produk trial. Biasanya brand yang menawarkan LMS untuk bisnis akan menyediakan paket trial untuk meyakinkan calon konsumen. Setelah melakukan trial, Anda baru bisa memutuskan apakah penggunaannya sesuai dengan bisnis kursus online atau masih ada yang belum pas dengan tujuan dan juga audience dari bisnis Anda.
Menyesuaikan LMS yang Anda Gunakan
Setelah memutuskan menggunakan LMS, langkah selanjutnya adalah untuk menyesuaikan LMS yang sudah Anda beli atau berlangganan dengan bisnis. Menyesuaikan LMS sangat penting untuk mendapatkan bisnis proses yang jelas dan agar LMS akan lebih mudah digunakan baik untuk konsumen maupun Anda sebagai pemilik bisnis. Ini adalah tahapan untuk menyesuaikan LMS untuk bisnis kursus online Anda!
Mengatur Sesuai Proses Bisnis
Membuat pengaturan LMS untuk bisnis sesuai dengan proses yang saat ini berjalan perlu dipastikan. Hal ini termasuk mengatur kursus yang tersedia, struktur dan peran dari user dan izin penggunaan LMS sesuai dengan hierarki yang ada dalam tim Anda. LMS yang disesuaikan dengan baik akan memberikan efisiensi dan juga meningkatkan kepuasan konsumen yang bertindak sebagai peserta kursus online Anda.
Tambahkan Konten dan Kursus yang Bisa Disesuaikan
Membuat konten khusus yang bisa disesuaikan dengan audiens akan menambah engagement dan meningkatkan hasil belajar. Penambahan konten ini meliputi kuisioner, studi kasus hingga multimedia yang relevan dengan jenis kursus. Dengan mempersonalisasi konten dan kursus dalam bisnis digital, Anda akan memberikan solusi dari tantangan spesifik yang dihadapi peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan. Dengan menggunakan LMS untuk bisnis kursus online, Anda bisa dengan mudah mengelola dan mendistribusikan konten yang dipersonalisasi untuk memastikan efektivitas pembelajaran.
Menggunakan Elemen Branding Bisnis
Mengintegrasikan elemen branding seperti logo, skema warna dan font dalam LMS yang Anda gunakan akan membuat tampilan kursus online Anda lebih profesional. Branding yang dilakukan secara online juga akan memperkuat citra dari Anda dan juga brand bisnis kursus online yang Anda jalankan sehingga mendapatkan kepercayaan. Pada akhirnya, tentu akan banyak yang mengakses kursus online yang Anda lakukan.
Integrasi Tools ke LMS Bisnis
Setelah memastikan apa saja yang ingin Anda lakukan dengan LMS yang dipilih. Langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan LMS tersebut kepada berbagai tools yang sebelumnya Anda gunakan untuk melakukan bisnis kursus online. Beberapa tools yang bisa diintegrasikan kepada LMS untuk bisnis adalah sebagai berikut:
Sistem CRM
CRM adalah singkatan dari customers relationship management. Dalam bisnis kursus online, pastikan Anda tetap terhubung dengan peserta atau konsumen Anda, salah satunya menggunakan tools CRM. Integrasi tools CRM anda ke LMS agar bisa tetap menjalankan komunikasi secara efektif.
Integrasi Website
Pastikan Anda juga mencantumkan kursus dan formulir registrasi di website Anda setelah mengatur LMS. Integrasi LMS dalam bisnis bertujuan untuk membuat pengalaman yang lebih seamless untuk peserta didik atau konsumen Anda.
Marketing Tools
Selain dua hal tersebut, LMS bisa diintegrasikan ke akun media sosial dan juga tools marketing lainnya. Untuk meningkatkan usaha dalam pemasaran, integrasikan akun TikTok, Facebook, Instagram, Telegram Anda kepada LMS yang digunakan untuk kelola bisnis kursus online. Integrasi ini membantu untuk melacak performa marketing yang sudah Anda lakukan.
Apa perbedaan antara GetCourse dan Marketplace (seperti Udemy, Ruangguru, dll)?
GetCourse berbeda dengan marketplace dalam hal kepemilikan brand. Di marketplace, Anda bersaing dengan kursus lain yang memiliki subjek pelajaran yang sama, di mana fokus utama pelanggan adalah pada platform marketplace itu sendiri, bukan pada brand kursus anda. Namun, di GetCourse, anda memiliki kesempatan untuk membangun merek kursus online anda sendiri tanpa harus bersaing secara langsung dengan kursus lain dalam platform yang sama. Dengan demikian, anda dapat lebih fokus dalam membangun identitas dan citra brand kursus anda sendiri di pasar.
Apakah admin dan manajer akan terhitung sebagai user aktif? Mengapa?
Admin dan manajer termasuk dalam kategori pengguna aktif karena mereka memerlukan pembuatan akun di platform sekolah anda.
Apakah Platform GetCourse memiliki badan hukum / kantor fisik di Indonesia?
Ya, PT GetCourse Platform Indonesia sudah beroperasi secara legal di Indonesia. Kami memiliki kantor di Jakarta, tim manajemen indonesia, dukungan lokal (menggunakan bahasa indonesia dan inggris), dan tim pemasaran (internal perusahaan dan juga dapat membantu pelanggan kami). GetCourse sendiri sudah terlokalisasi ke dalam bahasa indonesia dan sudah terintegrasi dengan payment gateway populer di Indonesia.
Apakah GetCourse meminta komisi dari setiap penjualan saya?
Tidak, GetCourse adalah zona bebas komisi 🙂. Meskipun layanan lain (seperti marketplace misalnya) meminta komisi yang cukup besar, GetCourse tidak mengambil komisi apa pun dari penjualan anda, anda akan mendapatkan uang secara penuh, hal ini kami percayai akan membantu anda mengembangkan bisnis kursus online anda lebih lanjut.
Layanan apa saja yang saya butuhkan untuk menjalankan akademi online saya?
GetCourse adalah platform software All-in-One yang digunakan untuk mengatur bisnis kursus online secara efisien. Untuk memulai bisnis ini, selain menggunakan platform, anda membutuhkan layanan digital advertising untuk menarik pelanggan baru, dan anda perlu membuat akun di payment gateway (seperti Xendit atau DOKU).
Apakah GetCourse menyediakan layanan marketing untuk membantu penjualan kursus online saya?
GetCourse adalah produk software, kami bukanlah agensi pemasaran dan tidak menyediakan layanan tersebut secara langsung. Namun, kami memiliki sejumlah mitra di Indonesia (virtual assistants) yang dapat membantu anda dalam meluncurkan iklan, menyiapkan landing page, dan mengelola proyek anda.
Apakah Get Course mempunyai kenalan agency atau vendor untuk marketingnya?
Ya, kami memiliki mitra terpercaya seperti marketing agency dan seorang individual specialist dalam pemasaran yang dapat membantu anda untuk meluncurkan dan menjual kursus online anda. Jika anda membutuhkan daftar mitra yang terpercaya, anda bisa menghubungi customer support kami untuk mendapatkan daftar tersebut.
Berapa banyak jumlah kursus yang dapat dibuat di GetCourse?
Anda dapat membuat kursus online / web pages / newsletter tanpa batas dalam paket yang anda pilih, dengan catatan anda masih memiliki ruang untuk penyimpanan.
Penggunaan LMS untuk Bisnis Digital yang Sukses
Seperti yang kita ketahui, penggunaan LMS dalam bisnis digital bisa bantu untuk bisnis lebih sukses. Namun perlu dipahami, tidak semua bisnis dapat mengimplementasikan sistem LMS. Sistem LMS hanya dapat diimplementasi kepada bisnis digital yang memang memiliki tujuan untuk mengedukasi serta menjual edukasi sebagai produk atau jasa.
Selain itu, pemilihan sistem LMS yang tepat juga menjadi salah satu hal yang dapat menentukan kesuksesan bisnis digital yang Anda kelola. Jadi, pastikan Anda telah mengetahui kebutuhan Anda untuk implementasi LMS. Dengan mengetahui kebutuhan, akan lebih mudah mendapatkan sistem LMS yang sesuai dan juga sesuai dengan budget yang Anda miliki.